Minggu, 17 Januari 2010

INTEGRITAS TEGAK TANGGUH DALAM KONTEKS KWALITY

Tak ayal lagi, kegiatan kepramukaan menjadi salah satu program dalam setiap institusi pendidikan, lebih khusus bagi UKM pramuka gugus depan 622-623 (Universitas Airlangga ). Gerakan pramuka merupakan salah satu organisasi independent yang mempunyai intensitas dalam pendidikan luar kelas ( out class ) sebagai ministren terhadap keberhasilan pendidikan formal.
Mengingat akan pencanangan revitalisasi gerakan pramuka oleh Presiden RI pada tahun 2006, telah memperkokoh dan memperkuat akan eksistensi gerakan dalam hal pemberdayaan kwalitas yang sistematis, berkelanjutan dan terencana sebagai bentuk peningkatan peran, fungsi dan tugas pokok gerakan pramuka, yaitu mendidik kader bangsa yang handal dan memiliki semangat bela Negara, patriot pembangunan serta perekat bangsa.
Dari ilustrasi dasar diatas, sudah jelas bahwa peran dan fungsi yang di inginkan adalah seorang pramuka mampu menampilkan sosok pribadi yang intelek serta multipurpose. Tetapi sungguh rumit rasanya untuk menghasilkan pramuka yang multifungsi sesuai dengan cita-cita gerakan pramuka di atas. Maka dari itu dirasa perlu untuk mencari dan menemukan teknik cerdas yang mampu menjawab kerumitan di atas?
Tegak tangguh adalah salah satu jalan dari sekian banyak jalan yang akan menjadi kunci dari problematik di atas, karena kegiatan tegak tangguh mampu memprakarsai kegiatan- kegiatan yang spektakuler dan menantang yang akan mendorong akan kemajuan gerakan pramuka lebih-lebih bangsa dan Negara.
Dengan rangkaian kegiatan lain yang di siapkan oleh panitia, kiranya sudah cukup bagus sebagai wahana dan pelatihan akan pengembangan pramuka khususnya di sisi kreativitas, tetapi dari pemahaman leterasi terkait ini, teknik kegiatan tegak tangguh, ada beberapa hal yang kiranya perlu untuk di koreksi secara korektif mengingat akan peningkatan kwalitas pramuka kedepan.
Sebagai usaha pembeharuan di masa akan datang, maka harapan kami agar supaya kegiatan-kegiatan tegak tangguh lebih di optimalkan yang sekiranya semua rangkaian pengetahuan kepramukaan termaktub dalam kegiatan dan dijadikan sebuah kompetisi.
Dan sebagai masukan internal, hal yang perlu di perhatikan oleh pihak penyelenggara antara lain :
1. Waktu yang relative pendek
2. Rangkaian kegiatan kurang menantang.
3. Minimnya Hak peserta dll.
Disisi lain yang menjadi kewaswasan kami adalah tim penilai, yang akan menjadi pemegang dan penentu the winner pada lomba tegak tangguh ini. Dari itu demi menjaga hal yang tidak di inginkan di rasa perlu untuk mempertanggung jawabkan hasil rekapitulasi penilaian yang telah di peroleh. Dan sebagai saran yang bersifat motivasi kami kepada tim penilai untuk mengadakan semacam sosialisasi penilaian kepada seluruh paserta sebelum acara lomba di mulai..
Untuk itu, setiap hal yang menjadi kelemahan dan ketidak sempurnaan kami harap untuk di jadikan sebagai bahan pembelajaran dan introspeksi ulang demi kesempurnaan kwalitas tegak tangguh di masa yang akan datang lebih-lebih akan kemajuan serta kemapanan organisasi gerakan pramuka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar